Langkah Mudah Membuat Aquascape

Langkah Cara Menyusun Aquascape - Ketika bicara mengenai aquascape, itu artinya kita membicarakan ekosistem pada sebuah aquarium. Untuk membuatnya tidak bisa main-main karena targetnya adalah keseimbangan di dalam ekosistem. Pemikiran dan perencanaan wajib harus dilakukan. Sebelumnya ada baiknya Anda baca dulu unsur apa saja yang dibutuhkan sebuah aquascape yang ideal : Unsur Lengkap dalam Bermain Aquascape

Oke, setelah mengetahui unsur dasar untuk membuat aquascape, sekarang kita akan menyusunnya. Sebagai contoh, aquascape yang akan kita susun ini terdiri dari :

- Ukuran aquarium 55 x 35 x 35 cm (67 liter)
- Filter gantung
- pupuk dasar
- substrate pasir malang
- CO2 tabung dengan 1,5 bps
- Fauna: Iriatherina werneri, Boraras maculatus Otocinclus affinis, Red Cherry, dan Crystal Merah
- Flora : Eleocharis acicular, Lilaeopsis mauritiana, Eleocharis geniculata, Repens juncus, Spiky lumut, lumut Taiwan, lumut dan Hydrocotyle verticillata Flame.
- Hardscape: batu dan kayu

Langkah-langkah dalam mendesain aquascape :

1. Siapkan aquarium, beri tatakan sterofoam atau gabus. Jadi antara meja dan aquarium tidak bersentuhan langsung.

aquarium

2. Taburkan pupuk dasar secara merata, cukup lapisan tipis saja, atau sesuaikan tebal lapisan pupuk dengan peletakan tanaman nantinya. Perlu diperhatikan juga jenis filter yang digunakan, karena pada contoh ini menggunakan filter gantung, maka lapisan pupuk terletak di paling bawah. Jika aquariuam menggunakan filter samping atau yang sudah satu paket dengan aquarium, lapisan paling dasar sebaiknya pasir substrate dengan tebal kira-kira 3-5 cm, baru kemudian pupuk dasar, setelah itu dilapisi dengan pasir lagi. Hal ini untuk mencegah pupuk tersedot filter.

pupuk dasar

3. Setelah pupuk dasar, lapisi dengan pasir malang kasar atau ukurannya agak besar. Gunanya untuk proses pengakaran dan tempat berkembang biak bakteri.

substrate kasar

4. Lapisan terakhir adalah substrate pasir malang lagi, tetapi ukurannya lebih halus dan lebih kecil, untuk memudahkan menanam plant.

substrate halus

5. Atur hardscape yang telah Anda siapkan. Di sini kreatifitas Anda diuji, atur kayu dan batu seetnik mungkin.

hardscape batu kayu

6. Tanam plant dengan menggunakan pinset, hati-hati saat menanam, pastikan akar menancap kuat.

tanaman

7. Isilah aquarium dengan air pelan-pelan. Triknya pada saat mengisi air, tutupi terlebih dahulu aquascape dengan plastik atau piring terbalik, baru disiram air. Hal ini akan mencegah substrate porak poranda karena guyuran air. Pada tahap ini air pasti keruh. Nyalakan lampu, filter, dan perangkat pendukung lain agar proses penjernihan air segera terjadi.

mengisi air

8. Jika unsur yang dibutuhkan oleh masing-masing makhluk di dalam aquascape Anda terpenuhi, maka air akan jernih, tanaman akan tumbuh, dan ikan juga bahkan bisa berkembang biak.

aquascape ideal

Nah, itulah langkah-langkah dalam mendesign aquascape. Selamat mencoba, semoga sukses.

Langkah Mudah Membuat Aquascape
Reviewed by ApiIslam on Kamis, Maret 05, 2015
Rating: 5

1 komentar :

Nice Artikel..

Mungkin sobat banyak yang bertanya-tanya, "untuk apa sih aquascape?? benarkah aquascape itu bermanfaat??, trus apa seh manfaatnya, coba pikir 100 x deh, aquascape kan mahal?" Atau mungkin banyak lagi yah keraguan sebelum membuat aquascape, Ok inilah jawabannya...

Baca lebih lanjut, PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui

!! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!

Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape

www.aqua5cape.com