Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Aquascape

Terjun ke dunia aquascape di mana dunia yang dipenuhi keindahan yang membawa serta kerumitan bersamanya pasti menimbulkan banyak sekali pertanyaan di dalam hati. Di bawah ini adalah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh banyak pemain aquascape.

1.
Tanya : Aquarium saya berukuran 60x40x40cm, kira-kira bisa tidak dipakai untuk aquascape? Ikan dan tanaman apa yang pas/cocok?
Jawab : Berapapun ukuran tank bisa digunakan untuk aquascape, makin besar aquarium makin stabil parameter airnya.

2.
Tanya : Bisakah Aquascape tanpa tabung Karbondioksida (CO2)
Jawab : Bisa, tapi karena kadar CO2 dalam tank minim, tidak semua jenis tanaman bisa dimasukkan ke dalam tank, ya. Hanya tanaman air yang tahan banting dan membutuhkan CO2 rendah yang bisa bertahan. Apabila sudah tercipta ekosistem yang stabil, sumber CO2 bisa dari pernapasan ikan, kok. Pastikan apabila kadar CO2 rendah, rendahkan juga penerangan aquarium (Low Light), karena tingkat konsumsi CO2 sebanding dengan intensitas cahaya.
Kalau mau membuat gas CO2 sendiri dengan murah meriah bisa kok, lihat saja disini : DIY CO2 Murah dan Tahan Lama

3.
Tanya : Tanaman Moss (Lumut) perlu CO2 gak?
Jawab : Sebagian besar tanaman aquascape perlu CO2 untuk fotosintesis, tapi kebutuhan Moss tidak perlu sampai di-inject CO2 di aquascape masih bisa hidup. Moss dapat hidup di air yang kadar CO2nya rendah (Low Tech) dan intensitas cahaya yang rendah pula (Low Light). Namun akan terlihat perbedaan antara Moss yang cukup CO2 dengan yang tidak, yaitu Moss tanpa CO2 akan tampak lebih kurus.

4.
Tanya : Lampu 20 Watt cukup gak buat aquascape?
Jawab : Tergantung ukuran tank , Aquascape dengan panjang 60cm ke bawah dengan lampu 20 Watt masih mencukupi.

5.
Tanya : Tanaman Foreground Cuba/HG/Glosso bisa gak kalo gak pake CO2?
Jawab : Bisa, namun agak susah. Faktor utama lainnya yaitu nutrisi dan cahaya harus mencukupi. Rawan melting dan algae problem. Solusinya gampang ya, buat saja DIY CO2

6.
Tanya : Daun tanaman air aquascape bolong-bolong / kuning?
Jawab : Bisa dibedakan menjadi 2 masalah, pertama apabila masih baru ditanam, kemungkinan tanaman masih beradaptasi dan ada kemungkinan tanaman melting total (mati). Yang kedua kalau sudah lama ditanam tapi masalah baru muncul, kemungkinan karena kekurangan nutrisi.

7.
Tanya : Apa beda pupuk dasar dan substrat?
Jawab : Substrate merupakan terjemahan dari media dasar, yang termasuk substrate adalah pasir dan soil, tempat untuk menancapkan tanaman di dasar aquascape. Media dasar seperti pasir malang pasir silica bisa digunakan, tapi karena kurang bernutrisi, jadi ditambahkan pupuk dasar untuk nutrisi tanaman. Mengenal Substrat Aquascape

8.
Tanya : Apa bedanya soil dan pupuk dasar?
Jawab : Soil adalah bahasa inggris dari Tanah, yang dimaksud soil adalah tanah khusus untuk aquascape, biasanya soil ini adalah produk dari perusahaan di bidang aquascaping, seperti ADA aquasoil, JBL Manado, Ruby Soil. Produk "soil" ini umumnya bahan dasarnya juga tanah yang telah di proses panggang sehinga tidak hancur apabila terkena air, dan sudah ditambahkan kandungan nutrisi. Dibanding pupuk dasar yang merupakan nutrisi yang berbahan dasar tanah, pupuk dasar (pukdas) mudah larut di air, pukdas harus di tempatkan di bawah substrate agar tidak bocor ke air.

9.
Tanya : Di kayu aquascape timbul bercak putih
Jawab : Sikat dengan sikat gigi sambil dialiri air sampai bersih terutama daerah bekas dipotong. Berdasarkan pengalaman setelah itu putih-putihnya gak balik-balik lagi ke kayu..

10.
Tanya : Air di aquasacpe berwarna kuning
Jawab : Air berwarna kekuningan ada 2 penyebabnya :
- Dari tannin kayu, kayu mempunyai zat tannin yang berwarna kuning kemerahan, tannin ini biasanya dilepaskan oleh kayu sanoau. Di dalam air tannin ini perlahan larut, jika dibiarkan air akan seperti air teh. Tanin dapat di keluarkan dengan merebus kayu.
- DOC/ Dissolved Organic Carbon, biasanya karena pembusukan kayu, makanan ikan juga dapat membuat air berwarna sedikit kuning, sering di sebut aged / mature water, sudah saatnya mengganti air aquarium anda.

11.
Tanya : Kayu yang dibeli tidak tenggelam
Jawab : Direbus bisa membuat kayu tenggelam. Atau kalau yang agak lama, celupkan kayu di air, lalu beri pemberat agar tenggelam, lama-lama kayu akan bisa tenggelam sendiri.

12.
Tanya : Aquarium dengan filter samping bisakah digunakan untuk aquascape?
Jawab : Bisa, agar pupuk dasar tidak terserap ke filter, area di dekat lubang filter baiknya tidak diberi pupuk, karena ini pemborosan, dimana pupuk akan cepat habis tersedot. Solusinya adalah :
- Letakkan batu-batu atau kerikil agak besar di dekat lubang masuk filter
- Gunakan 2 buah kaca yang dipasang sedemikian rupa sehingga lubang filter lebih tinggi dari substrat dan menghadap atas
- Bisa juga menggunakan batu bata yang disusun untuk membentuk lubang filter lebih tinggi dari substrat dan menghadap atas

Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Aquascape
Reviewed by ApiIslam on Jumat, November 08, 2013
Rating: 5

12 komentar

mau beli bahan" dasar aquascape dimana, yg recomended.

Boz tanya ni..sya baru buat aquascape..dan pkek co2 DIY..tp ndk keluar gelembung yang keluar kyk cairan warna hijau..mohon solusinya..terimakasih

Boz tanya ni..sya baru buat aquascape..dan pkek co2 DIY..tp ndk keluar gelembung yang keluar kyk cairan warna hijau..mohon solusinya..terimakasih

Saya mau tanya apa tanaman dasar bisa hidup tanpa pupuk dasar? Tapi saya sudah menggunakan co2..

saya mau tanya , kemaren aquascape saya di Serang ws(whitespot) . biar ga nyebar lewat tanaman gmn caranya yah? pusing sayang ber hari" mikirin itu trs .


thx b4

Cara menghilangkan getah pada kayu gmna ya gan... Mohon penverahan ny #newbi

mau tanya dong, sayakan bikin aquascape air terjun pasir tapi ko semburan airnya keluar dari tempat masuk pasir ya bukan dari atas yang seharusnya
mohon di jawab


thanks
eris

izin tanya dan minta infonya.

bagaimana caranya membawa aquascape dalam tank mini agar setingannya tidak berubah atau hancur karna goncangan.

terima kasih

Asalamualaikum mas,,saya mau tanya,,saya tanam monte carlo dan hg dengan cara emersed,awal beli tanaman sangat segar,pas sudah di tanam daun bawah nya menguning,,apakah hal tersebut wajar mas?karna adaptasi,,tank saya uk 50x32x35,pake aqua starter>rumah bakteri>pupuk dasar>pasih malang kira2 tebal 3cm lalu bagian atas nya pake soil ultimate,,saya pake lampu diy led 36 watt,tank di tutup rapat pake plastik,,2x sehari saya spray pagi dan sore,penerangan sekitar 8-9 jam,juga pake pupuk cair dengan di masukan ke botol semprotan 1 tts untuk 1 ltr,,apakah hal tersebut wajar mas.?atau ada yang kurang persyaratnya,?,mohon pencerahan nya mas,,hal tersebut sangat mengganggu fikiran saya,kerja jdi tidak fokus karna kefikiran terus.

Bila malam hari..bisakah aquascape di sinari oleh cahaya berwarna yg redup ?
Mis warna biru, Agar kelihatan cantik