DIY CO2 Murah dan Tahan Lama

Bermain aquascape rasanya tidak lengkap kalau tidak menggunakan suntikan/injeksi karbondioksida (CO2) ke dalam air. Injeksi CO2 ini dimaksudkan untuk menyuplai CO2 terlarut dalam air untuk digunakan tanaman air dalam proses fotosintesis. Jika gas karbondioksida dalam tank cukup, dengan diimbangi nutrisi dan cahaya yang cukup pula, tanaman akan segar dan rimbun.

Namun tabung reaktor CO2 ini begitu mahal, harganya rata-rata 1 juta. Tapi tenang, ternyata kita bisa meramu sendiri gas CO2. Bagaimana cara membuat gas CO2 sendiri yang murah meriah dan tahan lama? Do It Yourself (DIY) CO2, buat sendiri gas CO2-mu!

Berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sendiri gas karbondioksida :

Alat :

1. Botol air mineral bekas 1,5 liter lengkap dengan tutup botolnya
2. Botol air mineral bekas 600 ml (ukuran sedang) lengkap dengan tutupnya
3. Lem silikon (bisa dibeli di toko aquarium, bilang saja mau beli lem kaca) harga 7000 rupiah
4. Selang kecil aerator lebih kurang 1,5 m (1m = 3000)
5. Gunting
6. Solder untuk melubangi tutup botol (bisa dengan obeng yang dipanaskan)

Bahan :

1. Gula Pasir 1/4 kg, kalau bisa yang warnanya agak kuning tebu
2. Ragi roti (fermipan) 1/4 sendok teh, bisa dibeli di pasar atau toko kue @2500 rupiah
3. Baking powder 1/2 sendok teh (optional, bahan ini bisa ditiadakan, CO2 tetap terbentuk)

Prinsip Kerja

membuat sendiri gas co2

Ragi, gula dan air dicampur di botol 1,5liter sehingga terjadi fermentasi. Proses fermentasi tersebut menghasilkan CO2 dan alkohol. Selang dari botol besar dihubungkan ke botol kecil sehingga alkohol dan CO2 berpindah. Di botol kecil selang dimasukkan dalam air sehingga alkohol tertinggal di air sedangkan CO2 menguap di udara. Kemudian di lubang kedua botol kecil yang dihubungkan ke aquarium adalah tempat mengalirnya CO2.


Cara Pembuatan :

1. Buat 1 lubang pada tutup botol 1,5 liter dengan menggunakan solder atau obeng yang telah dipanasi. Buat 2 lubang juga pada tutup botol 600ml.

2. Botol 1,5liter : Potong selang silikon sepanjang ± 45 cm, lalu masukan pada lubang di tutup botol. Jangan terlalu dalam memasukkan selang karena selang tidak boleh tenggelam di air.

3. Hubungkan ujung selang dari botol 1,5 liter ke botol 600ml. Di botol kecil ini potong selang agak panjang, masukkan ke lubang pertama sehingga jika botol kecil diisi air selang akan tenggelam.

4. Pada lubang kedua masukkan selang juga tapi selang tidak sampai tenggelam ke air.

Jika bingung coba liat gambar prinsip kerja diy co2 di atas.

diy co2, tahan lama

5. Hubungkan selang dari lubang kedua botol kecil ke aquarium, beri diffuser stone agar gelembung terpecah lebih halus.

6. Lem sambungan-sambungan selang (di tutup botol) dengan lem kaca. Tunggulah hingga kering.


7. Campurkan air hangat, gula pasir, dan ragi fermipan ke dalam botol besar. Isi air penuh tapi jangan sampai selang tercelup. Kocok sampai semuanya tercampur.

8. Isi botol kecil dengan air hangat dengan catatan selang dari botol besar harus tercelup ke air, selang yang menuju aquarium tidak boleh tercelup.

9. Tunggulah sekitar 15 menit biasanya gelembung CO2 akan segera keluar.

Dengan cara ini CO2 yang dihasilkan sekitar 2 bps (2 bulb per second) alias 2 gelembung per detik, itu sudah cukup untuk pertumbuhan tanaman air. Daya tahannya bisa 1-2 minggu. Penambahan baking soda berguna untuk menjaga keasaman, sehingga ragi dalam botol tetap fit/segar. Jika ingin daya tahan diy CO2 lebih lama, masukkan nutrijell setengah bungkus ke dalam botol besar.

UPDATE!!! 5 Maret 2015

Menanggapi pertanyaan teman-teman di kolom komentar, secara garis besar berikut solusi dari saya.

Masalah gelembung tidak keluar yang mungkin disebabkan karena kebocoran gas. Solusinya adalah dengan menggunakan konektor pipa di setiap sambungan. Hal ini juga meminimalisir penggunaan lem, hemat bro!

konektor

sambungan selang

Kemudian masalah kedua, jika gelembung yang keluar dirasa sangat sedikit, teman-teman dapat mengakalinya dengan menambah tabung adonan gula dan ragi. Tapi ingat, lakukan jika dirasa memang membutuhkan CO2 lebih banyak, karena ikan di aquarium bisa stres kalau kadar CO2 terlarut tinggi, biasanya ditandai dengan ikan megap-megap mencari udara di permukaan air terus.

membuat co2 buatan

DIY CO2 Murah dan Tahan Lama
Reviewed by ApiIslam on Selasa, November 05, 2013
Rating: 5

121 komentar

om.. tuh takarannya gimana yah.?

Ane buat tapi ga jd om hiks hiks... Pake ragi tape

Iya... takaran airnya berepa ya...

ganbro punya ane gabisa keluar gelembung di aquariumnya, padahal di fermentasinya udah ada gelembungnya, itu kenapa ya??

komposisi dan takaran ane :
ane gula 250gr
fermipan 1 sendok makan

ada gak tanaman yg hidup di dalam air tawar yg bisa kita cari di sungai, sawah taw kubangan air, tanpa kita beli... hehe

antara tutup botol dan selang pasti bocor .saya biasa pakai bekas pentil ban dalam yang dibuang isinya biar kedap

Saya coba bikin CO2 DIY ini dua kali, yg pertama terlalu banyak nutrijel shg menutup permukaan air hingga leher botol. Pada percobaan kedua (tanpa nutrijel) lama kelamaan air dri dlm aquarium tersedot ke dalam tabung yg besar. Kira2 penyebabnya apa ya.? Barangkali ada yg bisa memberi penjelasan dan solusi? Thanks..

gimana kalo airnya kg hangat lagi,apa co2 masih tetap bekerja?

cek kebocoran, karena kalau terbentuk gas dia akan menyuplai ke aquarium, bukan sebaliknya

ada banyak gan, terutama di rawa2, apalagi di daerah kalimantan banyak banget

proses fermentasi akan mempertahankan panas pada botol...
saat awal menggunakan air hangat agar semua unsur mudah tercampur dan bereaksi

dikira2 aja, sesuai gambar, hati2 selang jangan sampai tercelup ke air ya

Saya sudah buat tpi klo dikasih difuser malah gk keluar gelembungny, tp klo difuser di lepas kluar gelembungny. Mohon petunjuk gan..???

Saya udah bikin tapi kok gelembung yg keluar dari botol kecil kok jarang jarang yaa? Terus di selelang yg buat aquariumnya gak keluar

Thanks gan infonya,punya saya sucses.tapi saya mau tanya gan kalau raginya sesuai takaran lama fermentasinya jadi ragi nya saya lebihkan,hasil fermentasinya langsung jalan.tapi ada efek samping buat ikan ngak itu gan kebanyakan co2 dalam air aquarium

Punya ane kok ngga keluar gelembung sm sekali yah om

2 bulb per second berapa ppm ya mas?

saya berhasil bertahan sampai 1mggu ini

Nanya dong, co2 diy amankah buat aquascape arwana? Tkss

Udh coba om,, tp g berhasil,,
Fermipan itu ragi roti yg bentuknya kaya kotoran rayap kan ya om ?

Gan kalau dicampur sama nutrijell gimana?

Gan kalau dicampur sama nutrijell gimana?

Aduh, dikit aja mending deh tu nutrij*lnya..kalo banyak-banyak ntar pas selese dimasukin air panas malah jadi ager didalem botol dan harus buang-buang larutan buat ngeluarin agar-agar..klo bs kasih dikit aja fungsinya cm buat nahan CO2 di agarnya itu biar ga over release aja klo bocor kan sayang itu co2nya..

Punya ane nggak l
Keluar gelembung dari tab besar penyebabnya apa y, ksih solusi gan

Sblmnya makasih gan,ane bisa.tp kok kw disfusernya tenggelem bgt gak mau keluar gelembung kudu agak atas.boleh tanya itu knp gan?

Alhamdulillah jadi gan.......makasih

Bagaiman gan caranya mengecek kebocorannya?

cara mengecek kebocorannya dgn mengolesi tutup botol atau sambungan di botol menggunakan air sabun, apabila keluar gelembung berarti terjadi kebocoran. pengalaman saya setelah tahu bocor saya lem kembali dgn lem alteco, tunggu kering baru dipasang kembali,memasang tutupnya juga harus botolnya yg diputar jgn tutupnya sebab kalo tutupnya yg diputar pasti bocor kembali

Raginya yg bentuk biji dan kering ?

Mas botol kecil ap harus pake air hangat dulu?

Maaf,, cuma ingin share..

Untuk CO2 DIY, saya baru prtamakali nyoba,, Karna hanya ingin nyoba, saya bikin alakadarnya dengan campuran " gula pasir klo ngga salah skitar 8 sendok makan dan ragi roti 1/2 sendok makan" ternyata berhasil. Gelembung tidak akan k luar apabila ada k bocoran pada tab. besar/kecil, baik dari lubang yg kita buat maupun dari sela2 drat botol. asalkan peka dan teliti, saya yakin melalui tutorial d atas Insya Allah berhasil.

1/4 gula, 2gr soda kue, 6gr fermipan,2liter air buat pelarutnya ,,,,sukses gan utuk daya tahan masih diuji ??

klo yang botol kecil nyedot botol gedhe coba tambahin fermipanya gan mungkin kurang ??

koreksi dikit mas, itu menurut saya bukan CO2 terlarut dalam air, kalau kata2 nya begitu berarti CO2 bercampur dalam air, sedangkan ini CO2 tetap dalam berbentuk gas

berhasil mas, mantaaaaaaaaaappp...gelembungnya keluar banyak :D

post juga dong anggran biaya untuk setiap bahan yg digunakan..pleasee

Lebih murah pake baking powder dan sitrun kales , biaya cuma 10 perbulan di kalikan satutahun sama dengan 120 , lagi pula menggunakan sitrun san baking powder daya tahan lebih lama bisa sampai 1 bulan lebih dikit untuk ukuran botol 1,5 liter

Tapu kalo saran saya mending beli tabung co2 saja ga ribet , dan untuk tabung ukuran sedang bisa sampai satu tahun biaya pengisian juga cuma 60rb , mending agan" kumpulkan uang dulu untuk beli tabung dari pada tiap bulan ribet dan mengeluar kan biaya

Punya saya gelembung keluar sedikit trus berhenti trus gan...
Apa mungkin bocor yaa

Apa selang yang terlalu besar pengaruh pada tidak keluarnya gelembung gan...
Mohon infonya gan.....

saya udh coba 3 x bikin tp blm ada yg bs bertahan sampai seminggu, apalg 2 mnggu, apa krn pengaruh tdk mnggunakan baking powder ya gan..

This is amazing! Play CoC? Visit http://clanshelper.com - you receive free C-o-C gems instantly! Everybody uses this now! (OH1bdjhGW3)

This is amazing! Play CoC? Visit http://clanshelper.com - you receive free C-o-C gems instantly! Everybody uses this now! (OH1bdjhGW3)

pke rgi biasa kok 1hri bru kluqr glmbung 'ηყձ ソソªª om ?


http://cjaquatic.blogspot.com

Mas jamey, newbie cb menjwb ya. Krn ragi 1/4sedok teh. Jd butuh hmpr 24jam bru kekuar co2 ke aquarium. Cb deh 1sdt ragi nya. Paling 15 - 30mnt lgsg keluar. Tp cpt habis. Beda dgn 1/4sdt bs tahan smpe 3mgg. 1bln jg bs tp stlh 3mgg sudah loyo. Hahahaha...

Newbie mw share pengalaman juga. ^^
Kalau ada uda bikin tp ga keluar co2 nya di tank atau di bubble counter nya. Cb di cek pke sabun krim cmpr air dikit olesin ke tutup dan sambungan selang nya, dgn catatan cmpran air ragi dan gula sdh beraksi ya. Klo bocor keliatan dr sabun keluar busa2 kecil kyk tkg tambal ban tubles gt. Hehehehe....
trs kalau lama keluar co2 ke tank krn takaran ragi 1/4sendok teh(sdt) pengalaman sy bs smpe 1hr an (24jam) baru keluar co2 nya ke tank(jd sabar menunggu ya) Lbh dr 1/4sdt biasa nya cpt kekuar co2 nya dan cpt habis(buat yg ga sabar cb ragi jd 1sdt), syg kan buat2 trs. Jd mending ikutin menu diatas. ^^
Saran jgn pakai diffuser yg di jual di toko2 krn tekanan dr menu ini ga akan kuat dan yg ada malah jd bocor dr sambungan2an krn tekanan. Jd bikin diffuser dr infus di potong dan sumpel2in kapas smpe padet hsl nya jg halus kq klo keluar nya gede2 bubble nya cb di korek2 pke jarum aja bagian paling atas kapas dikit2(jgn acak2 ^^) smpe kira2 sudah ckup halus. Sekedar share pengalaman aja klo ad yg kurang silakan di tmbh2in ya.

Aku main pake gula pasir beking powder permipan. Ams beking soda lancar..klu pengin co2 nya keluar halus ujung selang yang di celupin di kasih busa rokok pasti co2 nya keluar nya kecil2...

Mas, itu kalo ada baking powder, trus baking powder nyyaa di larut kan ke mana ? Botol 1,5 apa botol 600 ? Mksih mas

Do campur aka ams permipan am a hula nya Mas...

Kalau botol yang. Gede pake. Botol Yang kuat sejenis. Taperwer trus yang. Kecil pake botol you 1000 itu lebih kuat karna klu pake botol biasa apa bila terjadi penyumbatan pada sambungan botol bisa meledak mas...karna aku pernah ngalami..heeeeeeee

Kalau botol yang. Gede pake. Botol Yang kuat sejenis. Taperwer trus yang. Kecil pake botol you 1000 itu lebih kuat karna klu pake botol biasa apa bila terjadi penyumbatan pada sambungan botol bisa meledak mas...karna aku pernah ngalami..heeeeeeee

gan bro,mw tanya dong,untuk posisi botol besar dan kecil kira2 50cm diatas aquarium apakah tetap menghasilkan co2.mksh

Bagus mana diy pake soda kue + sitrun di banding gula + ragi ??? Tlg pndapat nya...

Mantab nih kayaknya. Ane baru mau coba. Cuma pas baca-baca sempet mikir juga, ada yang udah bandingin biaya DIY dan beli tabung CO2. Beneran ya itu biaya isi ulangnya lebih murah dari DIY?

Lho kalo airnya udah gak anget.apa masih bisa ngluarin CO2.

om kalo buat co2 nya menggunakan serbuk RAGI (untuk membuat tape)..kok ga" bisa ya

takaranya gula dan air seberapa mas???

Tidak berhasil..... 😢. Tetap semangatlah

Kalau punya saya gelembung nya baru mau keluar kalok botol nya di kocok
Itu kenapa ya?

betul sekali untuk kebutuhan co2 kita bisa berhemat dengan membuat diy Co2 seperti yang saya lakukan cara membuat diy co2 sederhana dan hasilnya tidak kalah dengan co2 tabung

berdasar pengalaman, proses fermentasi akan mempertahankan larutan di dalam botol tetap hangat

Gan itu klo gak kluar co2 ada nya yng sakah

Makasih gan akhirnya berhasil juga kmrn setelah ikut tutorial dari blog ini dan sharing sama pengalaman temen2 ane.

Kalau pengalaman gw mah. Airnya di pisah. Jd setengah botol air hangat buat gula dan agar. Dan air dingin (normal) setengah botol untuk ragi dan bakking powder. Setelah itu baru satuin di satu botol. Tunggu sampe minimal satu malam. Pasti keluar buble co2 nya

Kalau pengalaman temen gw itu tandanya sudah mulai habis. Coba tambah raginya lagi. Kl masih ga keluar tanpa di kocok berarti bikin baru lagi adonan nya

Mantaaaaaappp gan makasih (hatur nuhun)

Lansung jadi....nunggu beberapa menit langsung keluar co2 nya..siiiiiipppppp

Gan mau tanya..kalou mau buat yg baru apa air yh botol 2 harus diganti juga..

Mau nanya gan, untuk penelitian. bisa gak co2 di masukkan ke dalam wadah lain yang tertutup (misal: suntikan bekas printer). trus gimana caranya biar tau kalau co2 nya udah masuk ke wadah bekas suntikan printer? biar bisa ngeliat volum co2. makasih

gan mau tanya itu pembuatannya harus pake air hangat atau bisa pake air biasa?

Misal kita pakai air panas gmn ya..??

kalo raginya pakai ragi tape bisa nggak ya? pake ragi tape yg kepingan putih.

om kalo untuk tank ukuran 80x40x40 kira2 bagus nya pake berapa botol y bahan co2 nya?

Gan bro...punyaqw kok nda mau kluar gelembungx...pdahal sudh pas semua..dri lem d tutup...n komposisi...itu knapa bro

Kalau udah habis botol nya harus diganti 22 nya ato satu aja?

Pnya ane meledak nyoba 2botol kebanyakan ragi tpi ane rakit lagi hasilnya lumanyan

ini bisa bertahan berapa lama ya gan samapaihabis co2 nya? saya pernah buat cuma kuat 2 hari aja, gmna cara nya biar bisa lama..?

Permisi mas punya saya udah keluar 1 hari lancar kemudian besok nya nggak mau keluar kalo difuser nya terlalu dalam penyebabnya apa...

Gan numpang tanya, ikanikanku og pada mati ya ?

Alhamdulillah sudah jadi...makasih infonya gan... ....botol 1500ml isi setengah karena memberi ruang baking powder Dan pernipan yang akan mengembang.. Selanjutnya seperti agan jelaskan

Mangtabs, Alhamdulilah punya ane keluar lancar gelembungnya , thanks Gan..!

Gan, nanya donk apa perlu di pasang check valve?

punya saya ga keluar ...padahal sudah pakai ragi fermipan 1 sendok makan dan baking soda cap kupu kupu 1 sendok makan .tapi kalau botol pertama nya saya tekan tekan .keluar banyak gelembung nya ...kenapa ya .ga bisa keluar sendiri ya ?

Jelasin lebih rinci lagi dong.
Berapa sendok ragi. Dan di atas ga di jelasin berapa takaran pakai nutri jell

Bisakah menggunakan aren untuk co2 diy bro?

Mantap suhu.. sesuai ramuan di atas, rangkaian baru bekerja setelah +/- 4 jam . dan hasilnya memuaskan. terimakasih ilmunya suhu.

Estimasi harga terupdate di bandung, selang 3meter = 6000 connector selang 3000/ 3 bush. gula 4000 1/4 . ragi 4500 . Botol geratis, lem silicon atau lem java 7000 dan baking powder gatau Gan bekas Bikin Kue haha..

Total 25.000-30.000 an lah gan kalau di tambah stone. untuk gelembungsupaya lebih halus gelembungnya

ini peletakanya ngaruh gak gan,saya buat ngikutin tutorial agan,trus penempatanya disamping atas tank.apa harus sejajar sama dasar tank gan?trmakasih atas bantuanya.

Masukkan komentar Anda...sudah nggu 1 jam belum keluar

Klo pke co2 diy gni gk kuat klo pke diffuser, selang d msukin filter roko ja.. v deketin sama filter airnya biar ikuk ksebar jga co2nya.. untuk co2 sendiri sesuain sma kbutuhan tnmannya klo kebanyakn tanaman bgus v buat ikan mlah gk bgus

Mau nanya nih agan2 yg baik, untuk penggunaan CO2 di Aquascape apakah boleh sampai 24 jam non stop? Atu hanya jam2 khusus seperti pencahayaan lampu hanya 8 jam. Makasih.

saya buat co2 diy berhasil keluar dengan bagua gasnya di aquarium namun keluarnya hanya 2 jam lamanya setelah itu keluarnya sendat2 lama kelamaan malah berhenti mohon solusinya terima kasih

ane skali langsung sukses berkat para suhu.
+ 1 lagi pertanyaan.. misal botol kecil (penitralisir) di tambah 1 lagi gmn hasilnya..?

Alhamdulillah ane langsung sukses juga. Pointx sabar saat semua tahapan sudah d jalani. Dan takarannya dikira kira aj

Difuser yang dimaksud apakah difuser khusus co2 ?

kalau iya, jangan pakai difuser khusus co2, karena difuser tersebut biasanya di desain sesuai pada tekanan lebih dari 1 bar (hanya cocok untuk tabung co2 bertekanan).

sedangkan co2 DIY biasanya dibawah 1 bar.

mungkin ada penjual co2 difuser khusus reaktor co2 DIY, itupun mungkin difuser yang DIY.

untuk menyiasatinya, bisa pakai spons biasa, atau filter rokok.

Yang terpenting lagi jangan pakai top filter, hang-out filter, atau filter yang membuat air beriak, karena mudah sekali menghilangkan kadar co2 terlarut.

itu berdasarkan percobaan saya sih,

selamat mencoba, semoga berhasil.

saya dah nyoba dan berhasil..
tapi reaksinya lama dan klo botol besar dikocok/digoyang bru gelembungnya bisa keluar banyak tapi klo dibiarkan gelembungnya kluar tp sedikit
komposisinya
gula pasir 1/4 Kg
ragi roti 1/2 sendok teh
baking powder 1 sendok teh
agar-agar 1 sendok teh
air hangat 1 ltr
mohon petunjuk ...

coba pake pake kran di antara selang botol campuran gila dan ragi ke botol penitralisir, tutup kran tunggu botol yg brisi campuran mengeras lalu buka kran sedikit demi sedikit sampe terlihat gelembung di botol penitralisir.
agar agar di tiadakan. cukup gula vs ragi (fernipan)

tanda" mau habis pastine yo gelembungi berkurang. klo aku sih tak kocok masi bisa berlanjot 2 hari. bisa lebih.

Om ko punya saya bikin dari gula dan ragi saya endapkan sampai 5 jam ko bisa sampai meledak duarrrrr basah dan lengket deh, itu kenapa ya apa pas di masukin ke dalam botol jg langsung di tutup ato raginya kebanyakan, saya pake gula 1/4 dan ragi satu sendok teh

kalau yang ga keluar gelembung C02, rata2 terjadi kebocoran pada instalasi coba cek dilubang yg kita bikin plus drat ttup botol...
sedikit saran sih...drat ttup botol dikasih white tape buat kran air..jadi agak kedap udara plus kalau mau ribet dikit ttup botolnya di modif pake tutup pentil ban tubles...jadi benar2 kedap udara...

Itu gelembungnya keluar terus klo malam hari kan tanaman butuh oksigen gimana apa gk pengaruh pd tanamanya

Botol yang ke 2 itu harus hangat terus apa hanya sekali aja?

Share gan klo menurut gw,, bahan nya mendingan pake citrun + baking soda,gak pake di fermentasi .. cara pakai nya siapkan 2 botol bekas (ukuran 1,5lt /600 ml) tergantung banyaknya bahan yg anda gunakan (1:2)untuk citrun (1:1)untuk baking soda yg citrun aduk sampai rata, sedangkan baking soda tidak perlu di aduk sampai rata yg penting baking soda nya basah, kemudian pijat botol yg berisi citrun sampai masuk ke dalam botol yg berisi baking soda sampai botol yg berisi baking soda gak bisa di tekan lagi. Cara ini tidak perlu menunggu beberapa menit dan tidak perlu di fermentasi kan.. semoga bermanfaat buat agan" makasih

Punya saya sudah keluar co2,tapi kenapa cairan rasulnya ikut masuk ke botol yg berisi air, kenapa ya