Pecahan Batu Bata Merah : Substrat Alternatif Aquascape yang Murah Meriah

Racun aquascape bertebaran dimana-mana. Mulai teman-teman dari kawasan perkotaan hingga pedalaman lambat laun mulai keracunan juga untuk ikut bermain aquascape.

Bagi yang tinggal di perkotaan penjual peralatan aquascape sudah cukup banyak sehingga tidak menyulitkan untuk membeli perlengkapan aquascape. Namun bagi yang tinggal di pelosok seperti saya ini, untuk beli substrat saja harus menempuh kurang lebih 70km. Tentu saja itu sangat tidak efektif.

substrat batu bata

Nah karena saya sudah keracunan aquascape stadium 4, pengin segera punya aquascape, dengan informasi seadanya, didapatlah substrat alternatif untuk aquascape yang murah meriah dan mudah didapat di mana saja kita berada. Ya, menggunakan pecahan batu bata merah!

Batu Bata yang berwarna merah dibuat dari tanah liat berwarna merah. Tanah ini adalah tanah dari daerah kaki gunung yang terkenal subur untuk tanaman.

Dari pengalaman teman, menggunakan pecahan batu bata merah sebagai substrat aquascape sangat baik untuk tanaman. Nutrisi yang dikandung batu bata merah sangat mencukupi untuk kebutuhan tanaman. Akar tanaman air pada substrat batu bata tanpa pupuk dasar bahkan sampai mengelilingi tank sehingga susah dicabut karena akar menancap kuat. Berikut ini gambar tanaman air yang ditanam pada substrat batu batu, ini tanpa pupuk dasar ya :

akar tanaman pada substrat batu bata

akar tanaman pada substrat batu bata

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan substrat pecahan batu bata merah.

Keuntungan

- Murah, bahkan bisa didapat secara gratis, apabila beli di toko bangunan cuma 500 rupiah per bata
- Mudah didapat karena sebagai bahan dasar bangunan jadi dijual di mana-mana
- Konstruksinya berat, membuat tanaman menancap kuat
- Kandungan nutrisi yang sangat mencukupi untuk tanaman
- Sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman
- Tidak perlu menambah pupuk dasar karena nutrisi sudah mencukupi, jadi bisa lebih menghemat biaya
- Selain nutrisi, substrat batu bata juga sebagai penyedia karbon alami (CO2) untuk fotosintesis tumbuhan

Kekurangan

- Butuh tenaga ekstra untuk memecah batu bata menjadi pecahan kecil-kecil
- Warnanya kurang pas bila dipadukan dengan tanaman air, berbeda dengan pasir malang atau pasir silika, warnanya netral hitam atau putih
- Berdasar pengalaman, pecahan batu bata di dalam air akan tergerus dan lama kelamaan akan menjadi halus dan berkurang volumenya.
- Karena di dalam air pecahan batu bata melebur menjadi halus, apabila dikobok akan membuatnya berhamburan di dalam tank sehingga tank menjadi keruh

substrat batu bata

Menggunakan pecahan batu bata merah sebagai substrat aquascape sangat cocok terutama buat yang berkantong cetek kayak saya ini, hahaha! Happy Aquascaping!

Pecahan Batu Bata Merah : Substrat Alternatif Aquascape yang Murah Meriah
Reviewed by ApiIslam on Senin, November 04, 2013
Rating: 5

11 komentar

nice, tapi saya mau nanya gan, tanamanya nyari di mana yah...?

kalo di pake untuk tanaman jens moss bisa g bang

Mantap om..
Two thumb up lahh!!
Baru kpikiran..
Tp gini om kl misalkan dkasih sedikit pupuk dasar trs di timbun sma bubukbata merah trs dlapisin pasir silika..kl kaya gtu gmna tuh bagus atau gk??
Mohon jawab buat sarannya om..
Buat pemain baru perti ane nih...

Mantap om..
Two thumb up lahh!!
Baru kpikiran..
Tp gini om kl misalkan dkasih sedikit pupuk dasar trs di timbun sma bubukbata merah trs dlapisin pasir silika..kl kaya gtu gmna tuh bagus atau gk??
Mohon jawab buat sarannya om..
Buat pemain baru perti ane nih...

cocok nih, kalo mau co2 banyak tinggal masukin pecahan batu-bata ditaruh di plastik, dibolongin. ntar kalo udah 3 jam diangkat... hehehehe :v :p

mksih om info ya saya akan coba cara ya si omnih mudah2 bisa

om apa bisah pasir biasah digunakan di tambah tanah biasah apa bisah om tolong infonya

sangat tidak disarankan batu bata dapat merubah ph dan akibatnya tanaman cepat mati saya sudah mencoba berkali2 hati2 cukup sesat pemberitahuanya lebih baik modal dikit tp hasil maksimal dari pada ngirit tp mengecewakan salam damai happy aquascaping