Unsur Lengkap dalam Bermain Aquascape

Apa saja sih peralatan yang dibutuhkan untuk Aquascape? - Dalam bermain aquascape kita harus memikirkan peralatan dan unsur apa saja yang dibutuhkan Aquascape agar kehidupan yang ada di dalamnya dapat berjalan stabil. Di artikel ini akan dijelaskan peralatan lengkap yang dibutuhkan agar ekosistem dalam aquascape kita optimal.

Aquarium


Aquarium ukuran berapa pun dan bagaimana pun bentuknya bisa digunakan untuk aquascape.

tank aquascape

Pengalaman :

- Makin besar aquarium, parameter air akan lebih stabil
- Aquarium yang sangat tinggi menyebabkan cahaya tidak dapat mencapai dasar

Filter


Filter pada aquascape berfungsi sebagai penyaring kotoran sekaligus pengadaan arus air. Dengan adanya pergerakan air, maka kadar Oksigen (O2) dalam air akan terjaga. Bukankah air yang mengalir itu lebih sehat daripada air yang menggenang?

Substrate


- Substrate atau kata lainnya media tanam, merupakan media untuk menancapkan tanaman. Substrat juga sebagai tempat nutrisi untuk tumbuhan.

- Pupuk Dasar adalah sumber nutrisi bagi tanaman air, karena ada substrate buatan yang sama sekali tidak mengandung nutrisi, jadi harus ditambahkan pupuk dasar. Pupuk Dasar (disingkat pukdas) diletakkan di bawah substrate.

Cahaya


Cahaya dibutuhkan tanaman dalam proses fotosintesis. Secara alami tanaman mendapatkan cahaya dari sinar matahari, namun sebagai pengganti bisa menggunakan lampu.

Pendingin Air


Sebagian besar tanaman air tumbuh optimal pada suhu di bawah 28 derajat Celcius, terutama jenis moss (lumut). Di Indonesia, terutama dataran rendah pada siang hari suhu sangat panas, jadi untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, aquascape diberi pendingin air.

Alat yang bisa digunakan untuk mendinginkan air :

- Kipas, tank bisa didinginkan dengan kipas yang diletakkan di atas permukaan air. Suhu bisa turun 2-3 derajat Celcius.

- Chiller, chiller bisa menurunkan suhu 5-6 derajat Celcius. Dengan suhu yang dingin, penguapan juga berkurang, penambahan air ke dalam tank jadi tidak terlalu sering. Hanya saja harganya mahal, tidak ada yang di bawah 1 juta.

Sumber CO2


Selain membutuhkan nutrisi dan cahaya, tumbuhan air juga memerlukan Karbondioksida (CO2) terlarut dalam air dalam jumlah yang cukup. Artinya jumlahnya juga tidak berlebihan, karena dapat membuat ikan megap-megap. CO2 bisa ditambahkan ke dalam air dengan injeksi CO2. Tabung reaktor CO2 pun harganya mahal, di atas 1 juta.


Nah, itu semua adalah unsur dan peralatan lengkap untuk menunjang kehidupan yang stabil di dalam aquascape anda. Apabila anda sanggup memenuhi semua perlengkapan aquascape diatas, dijamin tanaman dapat tumbuh dengan lebat, ikan-ikan bergerak lincah atau bahkan mungkin beranak pinak di dalam tank.

Namun dengan semua perlengkapan aquascape di atas, jika ditotal bisa menghabiskan kocek hingga 3 juta lebih. Aquascape yang niatnya buat menghilangkan stress gara-gara harganya bisa jadi malah bikin stress! Haha. Tapi tenang, di blog ini nanti akan dibeberkan segala informasi apa saja peralatan alternatif yang bisa digunakan untuk mengganti perlengkapan aquascape yang super mahal.

Unsur Lengkap dalam Bermain Aquascape
Reviewed by ApiIslam on Jumat, November 01, 2013
Rating: 5

1 komentar :