Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquarium dengan Aerator

Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquarium dengan Aerator - Pernah melihat aquarium dengan air terjun pasir berwarna putih di dalamnya? Kalau belum coba lihat gambar di bawah ini.

air terjun aquascape

Indah bukan? Tahukah Anda, kita bisa lho membuat air terjun sendiri di tank kita. Caranya cukup simpel, kok. Asal skema air terjun ini diketahui, kemudian dengan sedikit kreatifitas kita, air terjun pasir di dalam aquarium patut kita coba. Nah, pada kesempatan kali ini blog DIY Aquascape akan berbagi tentang bagaimana cara membuat air terjun pasir di dalam aquarium dengan aerator.

air terjun aquarium

Ya, pada intinya kita akan mengubah fungsi aerator yang semula sebagai penyuplai oksigen (O2) pada aquarium menjadi arus penggerak pasir sehingga menjadi pasir terjun, hehehe. Skema tata cara kerja air terjun pasir itu bisa dilihat di bawah ini.

air terjun pasir tank

Dari skema di atas, alat dan bahan minimal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

- Pompa aerator
- Selang aerator
- Diffuser stone
- Pipa panjang menyesuaikan ukuran aquarium
- Sambungan pipa knee L
- Sambungan pipa knee T
- Pasir silika putih

Selanjutnya tinggal kreatifitas Anda untuk menutupi rangkaian pipa tersebut agar lebih enak dilihat. Kalau mau repot sedikit, Anda juga bisa membuatkan tempat khusus dari semen seperti gambar di bawah ini.

pasir terjun

Oh ya, ada beberapa kelemahan yang patut diperhitungkan pada pembuatan air terjun ini. Pertama, membutuhkan alat tambahan yaitu pompa udara (aerator), itu berarti membutuhkan ruangan tersendiri di dalam tank, terlihat penuh sesak di tank mini, penggunaan aerator ini juga akan menambah penggunaan daya listrik di rumah. Terlebih lagi, arus air terjun yang dihasilkan juga tidak terlalu deras atau kencang karena hanya mengandalkan udara untuk mendorong pasir ke atas.

Sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah yaitu dengan memanfaatkan pompa air pada sistem filter tank kita. Tunggu saja di artikel selanjutnya, ya.

Cara Membuat Air Terjun Pasir di Aquarium dengan Aerator
Reviewed by ApiIslam on Rabu, Maret 18, 2015
Rating: 5

4 komentar

om saya buat airterjun yg pke aerator kok pasinya gak mau k angkat ya?
apa krena tekanan udara kurang knceng atau pasir silikanya yang terlalu berat?

http://cjaquatic.blogspot.com

Sama seperti punya saya,knp pasirnya gak mau naik ya gan? Mohon pencerahannya...

Sedikit berbagi pengalaman..
- Pakai pipa pralon 3/4"
- Ukuran pasir silica yg kecil
- Pakai air stone/batu gelembung yg paling kecil
- Pastikan Aerator kencang (saran: pake yang double output),karna berpengaruh pada keluaran pasirnya

bisa dua2nya, pasir berat dan daya udara kurang. Pastikan ada bagian pipa yang keatas permukaan air agar tidak ada gelembung2 didalam air. Kalau pakai pompa air lebih kencang namun lebih makan space didalam aquarium karena powerhead harus ada didalam air